Perkembagan TIK terhadap Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik
Assalamualaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh
Dengan berkembanganya zaman, sudah tak asing
lagi Teknologi dan Informasi melekat pada diri kita. Segala aspek kehidupan pun
sudah menggunakan teknologi yang canggih. Tanpa kalian sadari, saat kalian
mengakses artikel ini pun artinya kalian sedang berselancar di dunia maya, yang
dapat terhubung antar satu sama lain.
Salah satu keuntungan teknologi pun dapat
kita rasakan, tak terkecuali dibidang matematika. Untuk menghubungkan kedua hal
tersebut maka kita membutuhkan hal yang nyata. Jadi, di kesempatan kali saya
akan membagikan makalah mengenai Perkembagan TIK terhadap Pembelajaran
Matematika dengan Pendekatan Realistik.
Teori Realistic
Mathematics Education (RME)
Dalam (Freudenthal, 1991) Istilah realistic dalam RME
berasal dari istilah bahasa Belanda zich REALISEren” yang
bermakna untuk dibayangkan. Oleh karena itu, kata realistic bisa
bermakna:
(1) konteks nyata dalam kehidupan
sehari-hari
(2) konteks matematis formal dalam
dunia matematika; atau
(3) konteks hayalan yang dapat
dibayangkan dalam pikiran.
"Bagaimana hubungan Teknologi dengan MTK???”
Dengan mengadaptasi gagasan(Drijvers B. d., 2010) maka secara umum peran atau fungsi
teknologi dalam pendidikan matematika dapat dikategorikan dalam tiga fungsi
berbeda.
Dengan mengadaptasi gagasan
1. Teknologi berfungsi sebagai
alat untuk mengerjakan perhitungan matematika.
Dalam hal ini, teknologi hanya
berfungsi membantu mengefisienkan waktu penyelesaian masalah. Sebagai contoh, gambar
1 menyajikan hasil perhitungan menentukan rata-rata dari dua kumpulan data
dengan menggunakan Microsoft Excel.
2. Teknologi berfungsi sebagai
tempat belajar untuk melatih penguasaan keterampilan matematis.
Dalam hal ini, teknologi berperan untuk mengasah dan memperkuat keterampilan pengguna dalam melakukan prosedur penyelesaian permasalahan. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan soal-soal yang bersifat rutin. Sebagai contoh, gambar 2 menyajikan contoh penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan memanfaatkan software GeoGebra.
3. Teknologi berfungsi sebagai
alat yang dapat digunakan untuk pengembangan dan pemahaman konsep.
Dalam hal ini, teknologi
berfungsi membantu siswa dalam memahami suatu konsep misalnya melalui proses
penyelidikan secara terbimbing. Sebagai contoh, Gambar 3 menyajikan beraneka
ragam posisi grafik fungsi kuadrat pada bidang koordinat di GeoGebra.
Wahhhh ternyata banyak
banget kan fungsi teknologi bidang pendidikan, khusus nya di Matematika. Saya harap artikel ini bermanfaat untuk kalian
semuaa yaaa JJJ.
Oh iya, bagi kalian yang ingin
makalah lengkap nya bisa cek di link ini yaaa ⇩⇩⇩
Terimakasih ............... JJJ
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Komentar
Posting Komentar