Perkembagan TIK terhadap Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Dengan berkembanganya zaman, sudah tak asing lagi Teknologi dan Informasi melekat pada diri kita. Segala aspek kehidupan pun sudah menggunakan teknologi yang canggih. Tanpa kalian sadari, saat kalian mengakses artikel ini pun artinya kalian sedang berselancar di dunia maya, yang dapat terhubung antar satu sama lain.
Salah satu keuntungan teknologi pun dapat kita rasakan, tak terkecuali dibidang matematika. Untuk menghubungkan kedua hal tersebut maka kita membutuhkan hal yang nyata. Jadi, di kesempatan kali saya akan membagikan makalah mengenai Perkembagan TIK terhadap Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik.

Sebelum itu mungkin kalian bertanya-tanya, “apa itu pendekatan realistik di bidang matematika???”

Teori Realistic Mathematics Education (RME)
Dalam (Freudenthal, 1991) Istilah realistic dalam RME berasal dari istilah bahasa Belanda zich REALISEren” yang bermakna untuk dibayangkan. Oleh karena itu, kata realistic bisa bermakna:
(1) konteks nyata dalam kehidupan sehari-hari
(2) konteks matematis formal dalam dunia matematika; atau
(3) konteks hayalan yang dapat dibayangkan dalam pikiran.

"Bagaimana hubungan Teknologi dengan MTK???”

Dengan mengadaptasi gagasan (Drijvers B. d., 2010) maka secara umum peran atau fungsi teknologi dalam pendidikan matematika dapat dikategorikan dalam tiga fungsi berbeda.

1.      Teknologi berfungsi sebagai alat untuk mengerjakan perhitungan matematika.


Dalam hal ini, teknologi hanya berfungsi membantu mengefisienkan waktu penyelesaian masalah. Sebagai contoh, gambar 1 menyajikan hasil perhitungan menentukan rata-rata dari dua kumpulan data dengan menggunakan Microsoft Excel






2. Teknologi berfungsi sebagai tempat belajar untuk melatih penguasaan keterampilan matematis.



Dalam hal ini, teknologi berperan untuk mengasah dan memperkuat keterampilan pengguna dalam melakukan prosedur penyelesaian permasalahan. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan soal-soal yang bersifat rutin. Sebagai contoh, gambar 2 menyajikan contoh penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan memanfaatkan software GeoGebra.





3. Teknologi berfungsi sebagai alat yang dapat digunakan untuk pengembangan dan pemahaman konsep.

Dalam hal ini, teknologi berfungsi membantu siswa dalam memahami suatu konsep misalnya melalui proses penyelidikan secara terbimbing. Sebagai contoh, Gambar 3 menyajikan beraneka ragam posisi grafik fungsi kuadrat pada bidang koordinat di GeoGebra.


Wahhhh ternyata banyak banget kan fungsi teknologi bidang pendidikan, khusus nya di Matematika.  Saya harap artikel ini bermanfaat untuk kalian semuaa yaaa JJJ.

Oh iya, bagi kalian yang ingin makalah lengkap nya bisa cek di link ini yaaa ⇩⇩⇩
Terimakasih ............... JJJ

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lanjutan LATIHAN SOAL II (No 4-6)

Contoh soal (Implikasi, Konvers, Invers, Kontradiksi, Tautologi, Kontingensi)

Lanjutan Contoh Induksi Matematika